Successful. Human life is a product of our thoughts and actions as well as from what he believes

Expandmenu Shrunk


PENGERTIAN USAHA KECIL DAN MENENGAH (ukm)

Pengertian usaha kecil dan menengah

 usaha keci dan menegah
usaha keci dan menegah

Menurut undang-undang Republik Indonesia No 9 tahun 1995 tentang usaha kecil:

1. Usaha kecil adalah kegiatan ekonomi rakyat yang berskala kecil dan memenuhi kriteria kekayaan bersih atau hasil penjualan tahunan serta kepemilikan sebagaimana diatur dalam undang-undang ini. Kriteria usaha kecil  adalah memiliki kekayaan bersih paling banyak Rp 200 juta tidak termasuk kepemilikan tanah dan bangunan tempat usaha atau memiliki hasil penjualan tahunan paling banyak Rp 1 miliyar, milik warga negara indonesia,berdiri sendiri, bukan merupakan anak perusaahaan atau cabang perusahaan yang dimiliki,dikuasai,baik langsung ataupun tidak langsung dengan usaha menegah atau usaha besar.

2. Usaha menengah atau usaha besar adalah kegiatan ekonomi yang mempunyai kriteria kekayaan bersih atau hasil penjualan tahunan lebih besar daripada kekayaan bersih dan hasil penjualan tahunan usaha kecil. Usaha menengah dan usaha besar meliputi usaha nasional (milik negara atau swasta), usaha patungan,dan usaha asing yang melakukan kegiatan ekonomi di indonesia.

3. kemitraan adalah kerjasama usaha antara kecil dengan usaha menengah atau dengan usaha besar, disertai dengan pembinaan dan pengembangan oleh usaha menengah atau usaha besar, dengan memperhatikan prinsip saling memerlukan,saling memperkuat, dan saling menguntungkan.

 

Hasil penjualan tahunan adalah hasil penjualan bersih yang berasal dari penjualan barang dan jasa dari usahanya dalam satu tahun penuh.

 

Upaya pemerintah menumbuhkan iklim usaha untuk usaha kecil

Yang di maksud dengan menumbuhkan iklim usaha dalam aspek perlindungan mencakup  aspek peruntukan tempat usaha antara lain:

1. Dengan mengadakan lokasi untuk pasar tradisional atau lokasi pasar tertentu lainnya yang khusus di peruntukan untuk usaha kecil, pembangunan  lokasi pasar untuk usaha menengah atau usaha besar dengan memperhatikan jarak lokasi pasar yang telah di peruntukkan bagi usaha kecil.

2. Ruang pertokoan, yaitu ruang yang di sediakan bagi pengusaha kecil dalam pusat perbelanjaan.

3. Lokasi sentra industri kecil yaitu pengadaan lahan khusus bagi usaha kecil atau pengadaan sebagian lahan pada kawasan industri yang di bangun oleh pemerintah atau oleh usaha menengah atau usaha besar untuk usaha kecil.

4. Lokasi pertanian rakyat dalam arti luas yaitu pencadangan lahan pertanian bagi usaha kecil dalam pembangunan pertanian oleh pemerintah atau oleh usaha menengah dan atau oleh usaha besar.

5. Lokasi pertambangan rakyat, yaitu pengadaan lahan pertambangan khusus bagi pengusaha kecil oleh pemerintah.

6. Lokasi untuk pedagang kaki lima yang diatur melalui penetapan ruang.


Semoga bermanfaat…………

One Response to PENGERTIAN USAHA KECIL DAN MENENGAH (ukm)

  1. Permisi,
    Bagi agan-agan yang ingin membuka usaha
    Tapi bingung ingin membuka usaha apa dan hanya mempunyai modal kecil
    Tak usah bingung,silahkan buka usaha pembayaran online
    “ppob /online nasional”
    Satu deposit bisa melakukan transaksi berikut:
    Seperti listrik,tiket pesawat, tiket ka ,pln,pdam, telepon, speedy, kartu kredit, tv kabel, pulsa, kredit multifinance, dll secara mudah, murah namun tetap dengan dukungan teknologi yang handal dan sistem bisnis yang fleksibel dan menguntungkan.
    Hanya bermodal ‘rp.100.000,’
    Hubungi info lengkap: http://www.fastpaynasional.com
    Hp:081334560101


UA-35078148